Home
Pages
Penelitian

Penelitian


Kegiatan meneliti merupakan salah satu kewajiban dosen dalam melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi. Melalui penelitian, banyak hasil dan dampak yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, termasuk mengembangkan dunia pendidikan. Kewajiban lain seorang dosen adalah melaksanakan pengajaran di dalam kelas untuk menyampaikan materi-materi pelajaran dan meningkatkan pengetahuan mahasiswa terhadap perkembangan keilmuan. Idealnya, materi pelajaran yang disampaikan adalah materi yang up to date yang berasal dari hasil-hasil penelitian mutakhir. Sayangnya, tidak sedikit dosen yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk memberikan pengajaran dan kekurangan waktu untuk melakukan penelitian. Melalui program ini, dosen dikondisikan untuk melakukan penelitian secara intensif dan terfokus dengan waktu yang cukup. Dengan demikian, kegiatan mengajar dan tugas tambahan lainnya harus diminimalkan untuk menghasilkan sebuah produk penelitian yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata. Produk yang dihasilkan ditujukan bagi pengembangan teori dan ilmu pengetahuan, dan pada gilirannya dapat mengangkat citra UPI di kalangan masyarakat nasional maupun internasional, sekaligus dapat membuka peluang kerjasama dengan lembaga-lembaga di dalam maupun luar negeri. Program Dosen Peneliti merupakan jenis penelitian dasar dan terapan yang pada hakikatnya dapat mencakup semua bidang ilmu, kecuali bidang ilmu untuk inovasi pembelajaran.

Tujuan

  1. mendorong dosen/peneliti melakukan penelitian secara intensif pada bidang kepakarannya.
  2. meningkatkan kemampuan meneliti dosen-dosen UPI.
  3. meningkatkan mutu penelitian dan publikasi UPI supaya sejajar dengan kualitas internasional.

Target/Luaran
Selain laporan penelitian sebagai kelengkapan pelaksanaan penelitian, target/luaran yang diharapkan dari Program Dosen Peneliti ini adalah:

  1. Buku yang siap diterbitkan atau satu paket bahan ajar perkuliahan yang siap diimplementasikan pada semester berikutnya, dan
  2. Satu buah naskah artikel ilmiah yang diterbitkan pada jurnal nasional terakreditasi atau satu buah naskah artikel yang diterbitkan pada jurnal internasional terujuk (ditunjukkan dengan bukti penerimaan naskah artikel pada jurnal yang dituju)

Besaran Dana
Dana yang disiapkan untuk program penelitian ini maksimal sebesar Rp. 2.000.000,00 untuk setiap judul penelitian yang disediakan oleh Insitusi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Tana Toraja. Dana penelitian akan diberikan kepada peneliti melalui dua tahap: tahap pertama sebesar 70% pada awal penandatanganan kontrak dan tahap kedua sebesar 30% pada saat peneliti memberikan laporan akhir. Peneliti diwajibkan mengembalikan dana penelitian sebesar 20 % dari total dana dan UPI tidak akan mencairkan dana 30% apabila tidak dapat menunjukkan tagihan seperti yang tercantum dalam target/luaran pada periode akhir penelitian. Selain dari insitusi, dana penelitian juga dapat diberikan oleh simlitabmas.

Link Simlitabmas : http://simlitabmas.ristekdikti.go.id

Persyaratan Pengusul

  1. Penelitian dilakukan oleh dosen STIKES Tana Toraja.
  2. Peneliti sekurang-kurangnya telah menulis artikel ilmiah pada 2 (dua) jurnal nasional terakreditasi atau 1 (satu) jurnal internasional terujuk (tercatat dalam CV).
  3. Lama penelitian 6 (enam) bulan / 1 semester

Waktu Pengusulan
Proposal penelitian / pengajuan judul penelitian dapat diusulkan paling lambat pada bulan akhir Bulan Agustus dan Akhir Bulan Februari Setiap Tahun Akademik