Home
Pages
Laboratorium Keperawatan/Ners

Laboratorium Keperawatan/Ners


Laboratorium adalah ruangan yang dirancang sesuai dengan kebutuhan untuk melakukan aktifitas yang berkaitan dengan fungsi-fungsi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Laboratorium Yang Dimaksud Adalah Untuk Pembelajaran Di Laboratorium Klinik dan Workshop.

Visi mengandung pengertian bahwa laboratorium merupakan pusat penelusuran kembali konsep-konsep ilmu pengetahuan, pengembangan ilmu pengetahuan, dan atau ditemukannya ilmu pengetahuan baru dan aplikasi ilmu pengetahuan. Oleh karena itu laboratorium diharapkan bermanfaat bagi pendidikan.

Misi laboratorium seharusnya mencakup beberapa hal sebagai berikut : Menciptakan laboratorium sebagai pusat penemuan dan pengembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi.
Memahami, menguji dan menggunakan konsep/teori untuk diterapkan pada saat praktik. Menciptakan keamanan dan keselamatan kerja di laboratorium. Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.

Tujuan laboratorium sebagai tempat : Menguji ilmu, teori dan konsep yang telah dipelajari. Berlangsungnya kegiatan praktikum dan penelitian yang menunjang pembelajaran dan pengembangan ilmu. Untuk melakukan pengujian dan kalibrasi peralatan.

Manfaat laboratorium bagi pendidikan tenaga kesehatan setidaknya mencakup hal sebagai berikut : Laboratorium merupakan unsur penunjang dalam melaksanakan tercapainya kompetensi peserta didik sesuai kurikulum. Untuk meningkatkan proses pembelajaran di laboratorium yang teratur dan berkelanjutan, sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan. Menyiapkan peserta didik menjadi terampil sebelum ke lahan ( Rumah Sakit, Puskesmas, Rumah Bersalin dan komunitas)

Standar Laboratorium Keperawatan terdiri dari : Laboratorium Keperawatan Dasar (KDM I dan KDM II), Laboratorium Keperawatan Medikal Bedah (KMB I, KMB II dan KMB III), Laboratorium Maternitas, Laboratorium Gawat Darurat, Laboratorium Keperawatan Anak, Laboratorium Keperawatan Komunitas (Komunitas I, Komunitas II, Kep. Gerontik dan Kep. Keluarga),Laboratorium Keperawatan Jiwa

syarat masuk laboratorium : Mahasiswa masuk laboratorium sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan pada prodi maupun oleh tim laboratorium. Mahasiswa tidak diperbolehkan masuk ke dalam laboratorium jika tidak menggunakan jas laboratorium (kecuali jika ada hal penting lainnya yang tidak berhubungan dengan jadwal lab.). Baju Lab. Dipakai oleh pembimbing / instruktur laboratorium yang telah disediakan oleh tim laboratorium.Baju laboratorium dan sendal laboratorium tidak diperuntukkan dipakai oleh mahasiswa. Sepatu bagi instruktur dan mahasiswa diletakkan pada tempat yang telah disediakan.Dalam laboratorium tidak diperkenankan menggunakan ponsel (bagi mahasiswa) dan ponsel dapat dititipkan pada tim laboratorium ketika masuk lab.